Jalur / Akses Menuju Dieng

Berikut ini adalah Peta Petunjuk Arah menuju ke Kawasan Dieng.

Jalur Wonosobo
Merupakan jalur favorit untuk menuju ke Dieng. Jika dibandingkan dengan jalur dari Banjarnegara, jalur dari Wonosobo relatif lebih pendek dan mudah untuk dijangkau serta jalan yang tidak terlalu berkelok. Dengan kondisi alam yang sedemikian rupa, satu-satunya jenis angkutan untuk menuju Wonosobo hanyalah angkutan darat. Dahulu pernah ada kereta api jurusan Purwokerto, sekarang hanya tinggal rel-nya. Meskipun demikian, transportasi ke dan dari Wonosobo relatif ramai. Transportasi dari luar kota dapat anda pilih, bis atau jenis travel. Namun banyak juga yang mencarter taxi dari Semarang atau Yogyakarta.

Dari Semarang (Ibu kota Provinsi)
Di terminal antar kota Terboyo banyak terdapat bis yang melayani trayek Semarang – Purwokerto melalui Wonosobo. Jaraknya sekitar 120 km dan waktu tempuh kira-kira 3.5 jam. Rutenya adalah :
(Semarang-Ungaran-Bawen-Ambarawa) – (Secang-Temanggung-Parakan) – (Kertek-Wonosobo) – (Kejajar-Dieng)
Atau dengan kendaraan pribadi via Bandungan, dengan rute :
(Semarang-Ungaran-Bandungan-Sumowono) – (Ngadirejo-Jumprit-Tambi) – (Kejajar-Dieng)

Dari Surakarta (Solo)
Walaupun tidak banyak bis langsung dari Solo ke Wonosobo namun ada beberapa perusahaan bis yang melayani trayek ini.  Anda dapat mendapatkan bis tersebut di terminal Tirtonadi jurusan Solo-Purwokerto via Wonosobo. Jaraknya sekitar 180 km waktu tempuhnya kita-kira 6 jam. Jalurnya adalah :
(Solo-Kartasura) – (Boyolali-Ampel) – (Salatiga-Bawen- Ambarawa) – (Secang-Temanggung-Parakan) – (Kertek-Wonosobo) – (Kejajar-Dieng)

Dari Magelang
Jalur dari Magelang ini merupapakan jalur ke Wonosobo yang ramai.  Kira-kira sepuluh menit sekali ada bis yang datang dan pergi. Bis terakhir kira-kira jam 19.00 berangkat dari terminal antar kota Magelang. Jaraknya sekitar 65 km dengan waktu tempuh kira-kira 2 jam. Jalurnya adalah :
(Magelang-Secang) – (Temanggung-Parakan) – (Kertek-Wonosobo) – (Kejajar-Dieng)

Disamping itu, ada rute alternatif ke Wonosobo dari Magelang ini, terutama untuk mempersingkat jalan dari Borobudur-Wonosobo. Ada trayek micro bis langsung dari Magelang ke Wonosobo namun tidak sampai di kota Wonosobo, melainkan hanya sampai di Sapuran, salah satu Kecamatan di Wonosobo. Dari Sapuran ke Wonosobo jaraknya 18 km dan banyak sekali angkutan yang siap melayani anda. Jalur Borobudur-Wonosobo ini sering dijadikan alternatif travel Borobudur – Wonosobo.

Dari Purworejo
Jalur dari Purworejo tidak terlalu ramai, baik ramainya kendaraan maupun pemukiman. Jalannya cukup baik namun berbelak-belok cukup tajam dan menanjak. Tidak ada bis besar yang melayani trayek ini, tetapi banyak micro bis yang beroperasi. Sejak terminal Purworejo pindah ke terminal baru, bis jurusan Wonosobo tidak masuk di terminal antar kota Purworejo. Micro bis jurusan Wonosobo biasanya mangkal di terminal lama atau di Purworejo Plaza. Jika anda dari arah Yogyakarta, silahkan turun di pertigaan Don Bosko, naik angkota dan turun di terminal lama atau di komplek Purworejo Plaza. Jarak Purworejo-Wonosobo sekitar 50 km dan waktu tempuh sekitar 2 jam. Jalurnya adalah :
(Purworejo-Loano) – (Kepil-Sapuran-Kalikajar) – (Kertek-Wonosobo) – (Kejajar-Dieng)

Jika anda naik kendaraan pribadi, harap hati-hati sebab jalur ini agak sempit, banyak truk yang biasanya mengangkut kayu.

Dari Yogyakarta
Tidak ada trayek langsung dari Yogyakarta ke Wonosobo. Namun karena jalur Yogyakarta – Magelang – Semarang sangat ramai, dengan sendirinya dari Yogyakarta ke Wonosobo menjadi sangat mudah. Dari terminal Giwangan, atau dari terminal Jombor, naik bis jurusan Magelang dan turun di terminal antar kota Magelang, baru ke Wonosobo. Total jarak sekitar 120 km dan waktu tempuh kira-kira 3.5 jam. Jalurnya adalah :
(Yogyakarta-Sleman-Tempel) – (Magelang-Secang) – (Temanggung-Parakan) – (Kertek-Wonosobo) – (Kejajar -Dieng)

Disamping lewat Magelang, anda juga dapat lewat jalur Purworejo. Dari Terminal Giwangan atau Gamping, naik bis jurusan Purworejo dan baru melanjutkan ke Wonosobo. Total jarak sekitar 120 km dengan waktu tempuh sekitar 3.5 jam. Rutenya adalah :
(Yogyakarta-Sentolo-Wates) – (Purworejo). Selanjutnya ikuti jalur dari Purworejo

Dari Purwokerto
Merupakan jalur yang ramai. Ada banyak bis yang melayani trayek ini. Untuk jalur ini, kira-kira setiap sepuluh menit ada bis yang datang dan pergi. Ada bis yang hanya melayani trayek Purwokerto-Wonosobo dan ada trayek Purwokerto-Semarang lewat Wonosobo. Anda bisa mendapatkan bis jurusan Wonosobo di terminal utama Purwokerto. Jaraknya sekitar 120 km dan waktu tempuh sekitar 3 jam. Jalurnya sebagai berikut:
(Purwokerto-Sokaraja) – (Purbalingga-Bukateja) – (Klampok-Banjarnegara) – (Selomerto-Wonosobo) – (Kejajar-Dieng)

Dari Kebumen
Meskipun masih langka, sebenarnya ada jalur langsung Wonosobo-Kebumen. Jalurnya berbelok-belok dan naik turun. Anda dapat mendapatkan bis jurusan Wonosobo-Kebumen di terminal antar kota Wonosobo namun hanya beberapa buah saja. Jaraknya sekitar 65 km dengan waktu tempuh sekitar 2.5 jam. Jalurnya sebagai berikut :
(Kebumen) – (Wadaslintang-Kaliwiro-Selomerto-Wonosobo) – (Kejajar-Dieng)

Dari Pekalongan / Banjarnegara
Ke Dieng bisa diakses dari Banjarnegara dan juga Pekalongan. Kalau dari Pekalongan bisa ke arah selatan melalui Linggoasri, Paninggaran, Kalibening, Wanayasa, Batur, dan terakhir sampai Dieng. Dari Pekalongan naik bis kecil jurusan Kalibening, turun di pertigaan Wanayasa. Dari Wanayasa ganti angkutan umum ke Batur, turun di pasar Batur ganti lagi bus kecil ke dieng.
(Kajen – Linggoasri) – (Paninggaran – Kalibening – Wanayasa) – (Batur – Dieng)

Dari Jabodetabek
Trayek Jabotabek Wonosobo dilayani oleh banyak armada yang terdiri dari berbagai perusahaan oto bis. Anda bisa mendapatkan bis tersebut di terminal: Pulo Gadung, Kp Rambutan, Bekasi, Lebak Bulus, Cimone, Merak dan Bogor. Dengan jarak 520 km, dari sekitar wilayah Jakarta, bis biasanya berangkat sekitar pukul 17.00 wib dan sampai di Wonosobo menjelang fajar.

Dari Cilacap
Ada 2 kemungkinan jalur, via Banjarnegara atau via Wonosobo.

Jika menggunakan angkutan umum via Banjarnegara :
Cilacap – Purwokerto : Banyak bus yang melayani trayek ini
(Purwokerto – Banjarnegara) : bisa menggunakan mikrobus jurusan Banjarnegara atau bus tanggung jurusan Wonosobo, turun di Terminal Banjarnegara.
(Banjarnegara – Karangkobar) : dari terminal Banjarnegara naik mikrobus jurusan Kalibening, turun di terminal Karangkobar.
(Karangkobar – Wanayasa – Batur) : naik microbus jurusan Batur.
(Batur – Dieng) : naik mikrobus jurusan Wonosobo turun di Dieng.


Jika menggunakan angkutan umum via Wonosobo :

Cilacap – Purwokerto : Banyak bus yang melayani trayek ini
(Purwokerto – Wonosobo) : naik bus jurusan Purwokerto – Wonosobo atau Purwokerto – Semarang, turun di terminal Wonosobo.
(Wonosobo – Dieng) : mikrobus jurusan Wonosobo – Batur/Dieng. turun di Dieng.

Baca juga : Jalur Alternatif Batang – Dieng

About these ads

102 responses to “Jalur / Akses Menuju Dieng

  1. Oya gan, posisi sya skrng di purbalingga, klo saya naek bus trayek purwokerto-semarang apakah melewati kota parakan?. Mohon pencerahannya gan…

  2. Matur tq gan.., Malu brtanya sesat dijalan hehe….

    Klo jarak tempuhnya sndiri antara purbalingga-semarang-weleri vs purbalingga-parakan-sukorejo-weleri cepat mana gan…?

    • kalau obyek wisata dieng masuk 2 kabupaten ; wonosobo (dieng wetan) dan banjarnegara (dieng kulon). kalau daerah konsevasi dataran tinggi dieng terbagi 6 kabupaten ; wonosobo, banjarnegara, batang, pekalongan, kendal, temanggung

  3. Mas blogny keren tanya kalo dari Wonosbo ( sy dari Jogja) cari bus arah dieng di terminal ato alun2? Penginapan di Dieng Kulon

  4. Mas, kalau dari jakarta menuju dieng enaknya lewat jalur pantura atau selatan ya? dilihat dari jarak tempuh dan kondisi jalan (rusak/mulus).
    Kalau boleh minta tolong diberi rute nya juga.
    terima kasih..

    • Lewat pantura saja biar gak banyak masuk masuk di kota kota tengah tengah jawa tengah. dari jakarta lurus menuju pekalongan (jawatengah) lanjut menyusuri rute ini : Pekalongan – (Kajen – Linggo asri) – (Paninggaran – Kalibening – Wonoyoso) – (Batur – Dieng)

      Jadi total dari Jakarta seperti ini :
      Jakarta – Bekasi – Karawang – Indramayu – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan. Sampai di Pekalongan lalu ambil arah ke kanan/selatan jurusan Kajen. Seperti ini rutenya : Pekalongan – (Kajen – Linggo asri) – (Paninggaran – Kalibening – Wonoyoso) – (Batur – Dieng)

      Semoga membantu, trims :D

      • Terimakasih mas. Mungkin ada info kondisi jalan yang disebutkan apakah baik atau dalam kondisi rusak? Estimasi waktu kira2 12 jam ya?

      • dalam kondisi baik mas. cuma kadang di pantura ada beberapa jalan yg bergelombang karena sering di lewati truk2 besar, dan dari kajen ke dieng banyak tanjakan turunan tajam, jalan jg agak sempit. kalau pakai kendaraan pribadi gak sampai 12 jam mas

      • Mas, ktinggalan lupa tanya, di sekitar wonosobo adakah SPBU yang sedia pertamax/pertamaxplus?
        Plus mohon rekomendasi homestay yang bagus di kawasan dieng.

        terima kasih ya

  5. Mas kalau dari Jakarta menuju Dieng lebih baik lewat jalur pantura atau selatan?
    Dilihat dari jarak tempuh dan kondisi jalan (mulus/rusak)?
    Boleh minta tolong sekalian di info kan rute nya..

    Terima kasih.
    Salam,
    dodit

  6. Om, kalo dari Kutoarjo lewat Wadaslintang nanti kan tembusnya di Wonosobo.
    Hla dari Wonosobo ke Dieng jalannya apaakah ada yang naiknya curam.?
    Ngeri soalnya klu terlalu curam om :D

    • curam om, terutama yg dari kejajar keatas. ada longsor di bahu jalan di desa setieng, sekitar 4km sebelum dieng. tp kalo gak diberanikan gak sampe dieng donk :p

  7. Maaf kalo double :D maklom newbie om.
    Mau tanyaa Om, kalo dari Kutoarjo lewat Wadaslintang nanti kan tembusnya di Wonosobo.
    Hla dari Wonosobo ke Dieng jalannya apaakah ada yang naiknya curam.?
    Ngeri soalnya klu terlalu curam om :D

  8. bis dari magelang ke wonosobo mulai jam berapa ya mas?
    mas kalo dari magelang ke dieng turun diwonosobo sebelah mana? tarif untuk bis magelang wonosobo, wonosobo dieng berapa ya mas???

  9. oh ya thanks,, kan saya dari kebumen itu sih rutenya lewat mna yang deket?
    trus festival budayanya sih tanggal berapa? dimana?

  10. kalo pake mtor jalurnya sama jga
    trus objek wisatanya antara satu dengan yang lain jaraknya jauh ngga?

  11. Bro, kemarin udah jadi ke Dieng. Nginep 2 malem di Sendangsari. Hari pertama muter-muter di sekitaran Dieng Plateau (sama keluarga). Hari ke-2 ke Sikunir, karena sendiri (anak2 masih kecil2, harus jalan jam 3.30), terus minta temenin Mbak Desi (kenal nggak?), temenya Mbak Theresia juga. Dapat sun-rise, cuma kurang bersih. Dari Dieng ke Semarang, lewat Tambi-Candiroto-Boja-G. Pati-Semarang, jadi tidak perlu turun ke Wonosobo/Parakan. Lancar jaya, 3 jam an, walau sekitaran Tambi jalan rada rusak. Jalan-nya kecil/ekstrim tapi masih ok lah, dan itu jalan membelah Gunung Sumbing sampai 1600dpl, trus turun lagi. Sepanjang jalur liburan lebaran, jalur itu paling seru hehehe….

    • Syukurlah jika liburanya menyenangkan. Iya mbak Desi jg teman saya. Jalur Tambi Ngadirejo memang menantang pak Anton, tikungan dan turunan tajam, tp pemandangan bagus… seger dihirup dan dipandang mata hehe
      Terimakasih sudah berkunjung, salam buat keluarga :D

  12. mas mau tanya nih..
    kalo kita naek motor lewat jalur selatan dari bekasi sekarang jalanannya lebih enak lewat wonosobo apa banjarnegara.??

    terus kalo lewat wonosobo itu tetap lewat jalur banjarnegara dulu apa ga.??

    mohon infonya ya mas..pengen banget kesana..makasih..:D

  13. mas mau tanya kalo dari jogja ke magelan bis yg berangkat paling malam jam berapa?
    trus naiknya dari ter.giwangan atau jombor?

  14. asalamualaikum….
    mau nanya nih mas…
    saya dari cilacap kalau mau ke dieng lewat rute clp-pwt-banjarneg-wnsbo-dieng pake motor itu kira2 brapa jam kalo kcpatan rata2 motor 90km/jam??
    trus dari dieng ke perkebunan teh tambi jauh gak?kira2 brpa menit…terimakasih mas…

    • mungkin skitar 3-4 jam mbak. dieng – tambi gak jauh tp jalan menurun dan menikung, kira2 30 menit sampai. oiya utk fast respon bisa hubungi saya di 08562777105 ya mbak, siapa tau pas lagi gak online. trims :D

  15. asalamualaikum….
    mau nanya nih mas…
    saya dari cilacap kalau mau ke dieng lewat rute clp-pwt-banjarneg-wnsbo-dieng pake motor itu kira2 brapa jam kalo kcpatan rata2 motor 90km/jam??
    trus dari dieng ke perkebunan teh tambi jauh gak?kira2 brpa menit…terimakasih mas…

  16. Permisi mas, saya dr depok (jabar) mau ke dieng dan saya mau nanya.. klo mau ke dieng itu mending ke arah mana yahh yg paling deket jogja atau semarang yah? dan budget paling efektif n efisien itu mending naek bus or kereta api ya mas? thx

  17. tanggal 5 nov kemaren habis dari dieng.
    berangkat jam 3.30 dari giwangan naik eka dari depan terminal sampai magelang naik mini bus ke wonosobo. wonosobo dieng naik angkot dulu baru naik mini bus.
    sampai dieng plateu naik ojek untuk keliling2 dieng. nginap di homestay arjuna.
    keren, dingin, pengen balik lagi.

    biaya – biaya:
    jogja – magelang ( EKA ) 12rb
    magelang – wonosobo ( mini bus ) 20rb
    wonosobo – dieng ( angkot + mini bus ) 2500 + 10rb
    ojek keliling dieng 150rb 2 hari termasuk sunrise sikunir
    homestay arjuna 200rb ( coba ditawar lg soalnya kamar sebelah cuma 150rb )
    totalnya hitung sendiri.

  18. Mas, mau tanya…klo ke dieng dari jakarta start jam 7 malam. jalur yg aman dan jalannya bagus lewat mana yaa??? Planningnya tgl 29 nov mau ke dieng. Thx infonya

      • Naik kendaraan pribadi mas. Kira2 kondisi berkendaraan malam aman gak yaa??? takutnya klo malam banyak lubang gak keliatan atau banyak kejahatan. Soalnya sy cuma berdua aja. Thx infonya

      • aman dr kejahatan mas, kalau jalan berlubang pasti ada. tetap hati2 aja, jangan ngebut2 hehe
        kalo ada yg ditanyakan tentang dieng bisa hubungi saya di 08562777105, thx :D

  19. Mas ♏mau tnya nih
    Klo dari pekalongan ke dieng naik angkutan ăϑα̲ nggak? Klo ăϑα̲ dari mna soalnya baru mau coba pkai angkutan umum…rncana pagi ini brangkat.kesuwun

    • coba cari bis pekalongan banjarnegara yg lewat kajen kalibening paninggaran mas, nanti turun di per3an karangkobar. lanjut nyari angkutan jurusan batur. dari batur naik microbis jurusan dieng

      • salam kenal ya mas.. mhn info dong.., rute jkt ke dieng rekomendasi jalur selatan atau utara yaa… buat liburan, yg sepanjang jalan viewnya bagus, bisa buat foto2 & jalannya ok utk mobil pribadi (sedan) Tq

    • yg tercepat lewat semarang ungaran bandungan ngadirejo gan. tp saya rasa membingungkan kalo lewat situ apalagi kalo belum pernah lewat sebelumnya. mending lewat secang magelang temanggung parakan wonosobo. kalo butuh informasi bisa sms ke 085enam27771kosong5, semoga membantu :D

  20. oiyo sekalian update biaya kalau dari pekalongan

    pekalongan – kalibening ( bus 1/4 ) : 25.000 ( trun terminal k.bening )
    kalibening – pertigaan wanayasa ( bus 1/4 ) : 5.000
    wanayasa – batur ( mobil bak terbuka ) : 5.000 ( trun terminal batur )
    batur – dieng ( bus 1/4 ) : 10.000

  21. Mas, Mau tanya saya dari Sukabumi Jawa Barat, rencana mau ke Deing pakai mobil pribadi, jalan yang mudah ditempuh lewat mana? Kalau bawa Balita apakah boleh dibawah ke Bukit Sikunir? Homestay yang dekat desa sembungan apa? Hatur Nuhun

    • Sukabumi – Bandung – Ciamis – Cilacap – Purwokerto – Banjarnegara – Wonosobo -Dieng.
      Balita boleh saja, siapkan pakaian hangat dan prepare kelengkapan lain buat balita nya. Homestay banyak banyak pilihan mas, hubungi saya di 085enam27tujuh7satu05. Maaf jarang OL, thx :)

  22. Ass gan ..
    Saya dari Jepara mau ke Mt. Prau make sepeda motor, nakh lewat jalan mana gan yg sekiranya lumrah untuk di lewati, aman dan muluss.
    Pencerahanya gan!! Suwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s