Telaga Dringo

Nama Dringo didapat dari tumbuhnya dringo di sekeliling telaga tanpa ditanam orang. Telaga itu juga merupakan bekas kawah yang meletus pada tahun 1786. Terletak di desa Mojotengah kecamatan Reban kabupaten Batang, dan langsung berbatasan dengan desa Wonopriyo kecamatan Blado kabupaten Batang, sejalur dengan kawah candradimuka yang sudah masuk desa Pekasiran kecamatan Batur kabupaten Banjarnegaara. Telaga ini merupakan salah 1 telaga yg terletak di salah 1 puncak Dieng. Kalau kita berdiri di salah 1 puncak di sekeliling telaga, maka akan tampak cekungan bekas kawah yg meletus dan sekarang terisi air tersebut. Telaga ini adalah telaga yang jarang dikunjungi oleh wisatawan Dieng, treking yang jauh sulit dan jalan yang kurang bagus menjadi alasan utama. Telaga ini asri dan bersih, banyak ikan yg bisa dipancing sesuka hati. Cocok untuk hiking dan area camp yang cukup tersembunyi.

Di salah 1 puncak di sebelah barat, belum lama ini (tahun 2009) ditemukan sekumpulan makam kuno yang konon adalah makam para syekh.
Terdapat 11 makam dan sebagian sudah diketahui siapa saja tokoh tersebut. Sebelum ditemukan makam areal ini adalah lahan pertanian warga berupa tanaman kentang dan kobis. Sekarang sudah dibangun bangunan berupa punden punden buat orang berziarah, walau belum banyak dikunjungi.

Baca juga : Semalam di Telaga Dringo

dieng

diengdieng

8 responses to “Telaga Dringo

    • agak sulit pak anton. jalan rusak parah, jauh dari perkampungan. tempatnya masih sepi buat aktivitas camp. pas saya ambil ini foto, ngecamp semalam dengan seorang teman saja orang, gak ada anak camp lain. tengah malam tenda digangguin babi hutan (celeng)

  1. saya dan KPGB(komunitas pendaki gunung kab. batang) kemarin hari sabtu-ahad, 23-24 nov camp ceria di sana bang. tempatnya sngat nyaman dan indah. sebagian ada yang pake motor lewat gerlang, saya dan 7 orang lainnya memilih untuk jalan kaki dari mewat hutan dari desa sijeruk. tracknya lumayan lah

    • Salam buat teman2 KPGB, semoga kedepanya menjadi komunitas yg solid dalam menjaga ragam flora fauna, ragam biota alam dan hutan, khusus nya di kabupaten Batang, bukan hanya hura2 menikmati alam nya saja. Terimakasih telah berkunjung :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s